INFO
  • KANTOR KEPALA DESA SENDANGCOYO RT. 03 RW. 02 KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG KODE POS 59271 web: www.sendangcoyo-rembang.desa.id

JUM’AT BERSIH, WARGA MENTORO DESA SENDANGCOYO BERSATU BERSIHKAN LINGKUNGAN

20 Agustus 2024 Noval Dibaca 79 Kali

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa (PMM) ini adalah untuk mengaplikasikan Hilirisasi hasil Penelitian Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan Pengabdian Masyarakat oleh Mahasiswa merupakan upaya pemberdayaan diri mahasiswa yang ditujukan kepada masyarakat dengan tujuan yang berkelanjutan.

Dalam lingkup Universitas Muhammadiyah Malang (UMM), kegiatan ini dipimpin oleh Direktorat Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (DPPM) dan dibimbing oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) Ibu Ikhlasul Amallynda ST., MT, PMM Kelompok 102 mahasiswa yang terlibat terdiri dari Zaul Ziyan Zain, Febrian Rendi Pradana, Muhammad Bintang Savero, Dafisha Vira Alfrida dan Firnanda Putri Wibowo. Fokusnya adalah Meningkatkan Kepedulian Warga Terhadap Kebersihan dan Menjaga Lingkungan.

Program PMM di UMM tidak hanya untuk mengembangkan potensi diri mahasiswa, tetapi juga memberikan kontribusi positif bagi kualitas hidup masyarakat serta meningkatkan kesejahteraan mereka. Dalam konteks ini, mahasiswa kelompok 102 mengambil inisiatif untuk melaksanakan Program hari jum’at bebas sampah.

Program Hari Jum’at bebas Sampah (Friday Free Rubbish) yang dilakukan oleh angota PMM kelompok 102 gelombang 6. Kegiatan ini berlangsung pada tanggal 26 juli 2024 di masjid An-Nur Dukuh Mentoro Desa Sendangcoyo, Lasem, Rembang.

Tujuan dari program ini adalah membangun rasa tanggung jawab terhadap lingkungan, mempererat tali silahturahmi, menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat, dan mendorong partisipasi Masyarakat dalam pengelolaan lingkungan.

Semangat gotong royong masyarakat dukuh mentoro patut diacungi jempol. Setiap hari Jumat, warga berbondong-bondong membersihkan lingkungan Masjid An-Nur dan sekitarnya. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan secara rutin sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan dan kesehatan lingkungan.

Berkat kerja sama yang baik, lingkungan di Masjid An-Nur Dukuh Mentoro semakin bersih dan asri. Kegiatan Jumat Bersih yang dilakukan secara rutin oleh warga telah memberikan dampak positif bagi lingkungan sekitar.

Kegiatan Jumat Bersih di Masjid An-Nur Dukuh Mentoro tidak hanya melibatkan warga, tetapi juga berbagai elemen masyarakat lainnya. Mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang tua, semua ikut berpartisipasi dalam menjaga kebersihan lingkungan.

Kegiatan Jumat Bersih membuktikan bahwa dengan semangat gotong royong, kita dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan sehat.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar