INFO
  • KANTOR KEPALA DESA SENDANGCOYO RT. 03 RW. 02 KECAMATAN LASEM KABUPATEN REMBANG KODE POS 59271 web: www.sendangcoyo-rembang.desa.id

BENCANA DI SENDANGCOYO

02 Januari 2023 Noval Dibaca 280 Kali

   Desa sendangcoyo merupakan desa yang terletak di dataran tinggi . Dengan ketinggian kurang lebih 335m dpl, dengan suhu rata rata 25-31 drajat selsius. Dengan keadaan geografis seperti itu, maka tidak heran apabila memasuki musim penghujan warga mulai khawatir, Pada tanggal 29 Desember 2022 kemarin memang Desa Sendangcoyo di guyur hujan dengan intensitas sedang, namun dengan durasi yang lama. Maka sejak hari itu juga banyak terjadi tanah longsor dan pohon tumbang dimana-mana.

   Di Desa Sendangcoyo sendiri juga masih banyak di temukan struktur tanah yang labil, tidak tertata dan berongga . Hal inilah yang menyebabkan struktur tanah mudah bergerak dan berakibat longsor, Terkait hal tersebut dihimbau kepada warga Sendangcoyo dan kususnya bagi wilayah yang terdampak longsor agar lebih berhati-hati. Saat hujan turun, lebih-lebih di malam hari.

   Berdasarkan informasi dari kadus masing-masing wilayah ada beberapa tempat yang terdapat longsor ataupun pohon tumbang. Diantaranya sebagai berikut :

RT 01 RW 06 :

Terjadi longsor di area perumahan Bapak kuwat sekitar Pukul 09.00 WIB dan tidak menimbulkan korban jiwa.

RT 01 RW 05 :

Sebuah pohon mindik dengan ukuran besar tiba-tiba roboh di area pemakaman umum sekitar Pukul 05.00 WIB 

RT 01 RW 04 : 

Sebuah pohon jati tumbang akibat tiupan angin kencang yang menyebabkan tumbangnya pohon lain didekat Jembatan Kebon.

RT 03 RW 02 : 

Terjadi pohon tumbang yang mengakibatkan tiang wifi condong kebawah dan bisa mengganggu pengguna kendarakan roda 4.

RT 03 RW 03 : 

Dilokasi ini terdampak longsor yang cukup mengerikan, tempatnya di depan rumah pak Basir.

  Setelah kita menarik kesimpulan, kita bisa tau bahwa Desa Sendangcoyo sangat rawan terhadap ancaman tanah longsor dan angin kencang. Dan dari Pemerintah Desa menghimbau agar semua warga yang rumahnya berlokasi di tebing dan berada di samping pohon agar lebih berhati-hati dan sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan, Pemdes menggandeng seluruh lapisan masyarakat beserta Babinsa untuk selalu siap dan siaga mana kala ada bencana susulan yang ditimbulkan oleh hujan dan angin. Dan Pemerintah Desa Sendangcoyo mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan kepada korban terdampak, baik dari fikiran maupun tenaga. Dan mudah-mudahan Desa Sendangcoyo menjadi Desa yang lebih maju dan terbebas dari ancaman tanah longsor.

Silakan tulis komentar dalam formulir berikut ini (Gunakan bahasa yang santun)
Formulir Komentar (Komentar baru terbit setelah disetujui Admin)
CAPTCHA Image
Isikan kode di gambar